Daftar Blog Saya

Jumat, 09 Maret 2012

OPINI LINGUISTIK DAN MORFOLOGI


Judul              : Morfologi
Pengarang     : Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum.
Penerbit         : Yuma Pustaka
Tahun Terbit : 2010

Nama : Lukman Aris Widodo
Nim    : A310110120
Kelas  : 2C


OPINI

LINGUISTIK DAN MORFOLOGI

            Manusia diberikan akal dan pikiran oleh tuhannnya untuk melakukan berbagai berbagai macam kegiatan, serta mampu menciptakan ide-ide kreatif dengan memanfaatkan akalnya tersebut. Disamping itu pula, manusia memiliki kelebihan yaitu kelebihan dalam penguasaan bahasa. Kemudian manusia memanfaatkan kelebihan itu sebagai alat komunikasi. Oleh karena itu, manusia mempelajari ilmu bahasa itu secara terus menerus hingga tak mengenal waktu.
Kridalaksana (1984) menjelaskan dalam kamus linguistik  bahwa Linguistik (Linguistics) adalah ilmu bahasa. Selain itu pula, Linguistik juga sebagai sebagai penyelidikan bahasa secara ilmiah. Istilah ini muncul pada tahun 1808 dari majalah ilmiah, yang disunting oleh Johan Severin Vater dan Friedrich Justin Bertuch. Namun demikian pula sebaliknya objek kajian linguistik ialah bahasa manusia. Secara umum linguistik sering diartikan sebagai ilmu bahasa atau ilmu yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya. Orang yang lancar dalam berbahasa atau ahli dalam beberapa bahasa disebut poliglot.

          
            Dalam pendidikan sastra dari zaman dulu sampai sekarang tidak bisa dipisahkan dengan ilmu morfologi yang mempelajari tentang morfem dan kombinasi-kombinasinya. Sebab morfologi adalah hal-hal yang berhubungan dengan bentuk kata atau struktur kata dalam bahasa. Dalam morfologi kita mempelajari berbagai macam morfem. Apa itu morfem bebas, morfem terikat maupun morfem setengah bebas. Dan bagaimana kita mengenal nama sufiks, afiks, dan prefiks. Kenapa kita mempelajari semua itu. Karena semua itu penting, sebab merupakan bagian itu merupakan bagian struktur dalam memahami suatu morfem atau bagian kata sebagai dasar pembentukan frase, klausa, kalimat, paragraf dan wacana. Setiap orang bahasa harus mengetahui dan menguasai salah satu bidang linguistik ini karena sangat penting bagi seorang sastrawan. Morfologi adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dalam ilmu linguistik. Kita sebagai orang bahasa harus tau bagaimana struktur bahasa yang benar. Apa itu morfem, frase, klausa, kalimat, paragraf, dan wacana. Jadi mari kita perdalam salah satu bidang linguistik di dalam kehidupan kita sebagai orang bahasa, dengan mempelajari itu semoga kita mampu menguasai bidang linguistik dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar