Daftar Blog Saya

Rabu, 07 Maret 2012

Islam Di Mata Pemuda

Perlu diketahui bahwa kedudukan pemuda di mata islam sangatlah agung. Allah telah meninggalkan derajat mereka dan menjadikan mereka sebagai fondasi bagi tegaknya suatu umat. Bahkan, wibawa dan kejayaan umat ada di tangan para pemuda.
       Sedemikian agung kedudukan mereka sehingga ketika para pemuda itu adalah orang-orang saleh, dapat dipastikan umat tersebut akan dihormati dan disegani. Pemuda, merekalah yang menjadi soko guru, pembawa bendera, dan penjaga kehormatan sebuah umat. Ditangan merekalah agama ini dibela dan dipertahankan. Allah menggambarkan sekelompok kecil pemuda yang berpegang teguh kepada syariat dan konsisten menjalankan agama Allah:
"sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Rabb mereka, dan kami tambah pula petunjuk untuk mereka." (Al-Kahfi: 13)


        Perhatikanlah sekelompok kecil pemuda ini. Mereka berpegang teguh kepada agama Allah dan mengorbankan apa saja yang mereka miliki, hingga akhirnya mereka bisa menyelamatkan agama mereka. Hingga akhirnya mereka bisa meraih keridhaan Rabbnya. Hingga akhirnya Allah memuji mereka dalam kitab-Nya yang agung, Al-Qur'an, memberi dan menambah hidayah kepada mereka sebagaimana disebutkan pada ayat di atas.
        Demikianlah, kedudukan pemuda disisi Allah sangatlah agung. Namun, tentu yang memiliki kedudukan tersebut hanya mereka yang saleh serta taat kepada Allah dan Rasul-Nya juga berpegang teguh kepada sunah-sunahnya.

( Muhammad Al-Qadhi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar